Simak Tips Ini Bunda Supaya Bayi Dapat Berkendara Dengan Aman Saat Menggunakan Car Seat Atau Tempat Duduk Bayi - Tyqeyy.info Info Gadget

Kamis, 19 November 2020

Simak Tips Ini Bunda Supaya Bayi Dapat Berkendara Dengan Aman Saat Menggunakan Car Seat Atau Tempat Duduk Bayi



Tempat duduk bayi - Si buah hati memang selalu memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Anak-anak juga lebih punya keinginan untuk bertingkah seperti orang dewasa yang ia lihat. Maka dari itulah anak biasanya kerap merengek untuk meminta izin duduk di kursi depan mobil supaya bisa melihat pemandangan dengan jelas. Tetapi sebenarnya anak-anak belum boleh duduk di kursi depan, sebaiknya anak-anak menggunakan kursi pengaman bayi di bagian penumpang supaya terjamin keamanannya.

Yang perlu orang tua ketahui yaitu, seat belt atau sabuk pengaman yang disediakan di setiap mobil hanya dirancang untuk menopang tubuh orang dewasa bukan untuk anak-anak. Jadi penggunaan sabuk pengaman yang benar dan aman adalah sabuk bagus yang seharusnya melintang melewati bahu tanpa berlilit di bagian leher. Sedangkan sabuk yang ada di pangkuan harus serendah mungkin di atas pinggul. 

Yang perlu orang tua sadari yaitu untuk anak-anak di umur tertentu tidak diperbolehkan untuk duduk di kursi baris depan. Bayi atau anak-anak harus ditempatkan di kursi belakang dengan kursi pengaman bayi di mobil atau car  safety seat.

Jenis Kursi Pengaman Bayi di Mobil

  • Umur anak yang dibawah 6 bulan

Bayi yang baru berusia dibawah 6 bulan harus ditempatkan pada kursi pengaman bayi yang ada di mobil yaitu dengan cara menghadap ke belakang atau yang biasa dikenal dengan rearward-facing. umumnya kursi bayi mobil tersebut akan diletakkan di bagian tengah atau baris kedua mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem harness 6 titik seperti sabuk keselamatan yang dirancang untuk para pembalap.

  • Umur anak 6 bulan sampai 4 tahun

Bayi atau anak yang berumur 6 bulan hingga kurang dari 4 tahun harus ditempatkan di kursi pengaman bayi mobil yang sesuai dengan ukuran tubuhnya, yaitu dengan diikat dengan baik dan adjustable. Dengan cara tersebut maka anak dapat diposisikan menghadap ke belakang atau menghadap ke depan yang tentunya dikekang dengan harness 6 titik.

Anak-anak pada usia ini dinilai tumbuh dengan fase yang berbeda-beda dari setiap metabolisme tubuhnya. Walaupun anak Anda sudah berusia 6 bulan mereka mungkin belum siap bepergian dengan posisi duduk yang menghadap ke depan. Pada usia ini lah bayi diwajibkan bepergian di kursi belakang mobil.

  • Umur anak 4 sampai 7

Seperti hal-hal yang sudah dijelaskan sebelumnya, anak-anak atau bayi harus duduk dengan car seat yang sesuai dengan ukuran tubuhnya, yaitu dengan cara mengencangkan harnes dengan benar dan diperbolehkan menghadap ke depan apabila sudah mencukupi kriteria umur tertentu. Orang tua dapat mempergunakan kursi booster atau booster seat yang telah terverifikasi sesuai dengan standar keamanan nasional serta mengenakan harnes yang sesuai dengan ukuran tubuh anak. Yang paling penting yaitu pilihlah jenis karsit ataupun booster seat yang disesuaikan dengan ukuran tubuh bukan dari usianya. sebelum menginjak usia 7 tahun maka anak-anak diwajibkan duduk di kursi bayi mobil yang diletakkan di bagian belakang.

  • Umur anak 7 sampai 16 tahun

Anak-anak yang telah berumur di atas 7 tahun atau telah mencapai tinggi yang cukup sudah tidak diharuskan untuk menggunakan kursi pengaman bayi di mobil lagi. Tetap walaupun begitu anak-anak yang berumur dibawah 12 tahun tetap lebih aman duduk di kursi belakang. Kursi pengaman bayi di mobil adalah kewajiban bagi orang tua agar tidak menyesali perbuatannya apabila terjadi kecelakaan sewaktu-waktu. 

Itulah tips supaya bayi dapat berkendara dengan aman dan nyaman dengan menggunakan karsit yang sesuai dengan kriteria tubuhnya. Semoga bermanfaat!

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda